Apple Siapakan Mesin Pencarian Saingi Google

Idnewzi.com – Apple bakal meluncurkan mesin pencarian atau search engine baru untuk menyaingi Google. Mesin pencarian itu bakal dirilis pada Januari 2023 mendatang. Kabar ini datang dari seorang tech blogger Robert Scoble. Scoble mengklaim bahwa bocorannya valid karena bersumber dari sumber terpercaya.

Baca juga:  Cara Mendapatkan Uang dari Google

Scoble tidak memberikan rincian lebih lanjut terkait mesin pencari yang namanya masih misterius ini. Jadi sepertinya bukan masalah besar bagi perusahaan untuk berkembang menjadi layanan pencarian universal penuh untuk menyaingi Google Search. Jika Apple meluncurkan mesin pencari universalnya sendiri untuk pengguna, itu bisa kehilangan banyak uang.

Menurut laporan sebelumnya, Google harus membayar Apple USD15 miliar pada tahun 2021 untuk tetap menjadi mesin pencari default di iOS. Jika akurat, kesepakatan itu setara dengan 15% hingga 20% dari laba tahunan Apple di tahun 2020. Pada saat itu, disarankan agar Google membayar biaya untuk menghindari kehilangan bagiannya dari mesin pencari default ke Microsoft Bing. Rumor bahwa Apple akan menciptakan saingan Google sebenarnya bukanlah hal baru. Apalagi Scoble mengklaim bahwa perusahaan akan mengungkap

“Apple Glass berbasis VR” di WWDC22. Selain itu, Apple memang sudah memiliki mesin pencari yang mendukung Siri dan Spotlight. Scoble menyebut peramban Apple yang disebut Safari digunakan oleh lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia. Mesin pencari Apple yang mungkin merupakan mesin pencari default Safari akan segera muncul. Meskipun ada banyak mesin pencari lain yang tersedia, tidak satupun dari mereka yang mendapatkan jumlah fokus seperti yang Google lakukan.

Google memainkan peran besar dalam pasar mesin pencari. Dengan mesin pencarinya, Apple bisa menjadi ancaman bagi Google. Para ahli percaya jika Apple mengeluarkan mesin pencari yang dapat bersaing dengan Google di banyak bidang, itu pasti akan lebih unggul.