APA ITU ADSUMO?

Yang pernah pengalaman beriklan pasti tahu banget nih soal ini. Sukses tidaknya ia beriklan di facebook dan instagram sangat bergantung pada strategi cara ia menentukan target audience fb ads yang bener, yang tepat, yang langsung beli pas mereka itu melihat iklan anda.

Apakah cukup menggunakan tool insight audience yang tersedia di facebook untuk menarget calon target audience iklan kita? Bagi sebagian kecil advertiser yang sudah pengalaman, mungkin bisa jadi iya.

Tapi bagi sebagian besar pengiklan, pekerjaan riset audiens ini semakin sulit dan makin butuh riset yang lebih mendalam. Butuh investasi awal untuk melakukan split test test test yang bakalan “bakar duit” habis-habisan sebelum mendapatkan target yang tepat.
Jadi, apa dong solusinya? Saya jadi ingat kata orang bijak, “work smart”! Kerja cerdas. Yaitu manfaatkan alat, gunakan aplikasi atau facebook tool yang bisa membantu kita dalam menemukan target pembeli lewat fb ads tsb. Apakah ada tool atau software yang bener-bener terbukti bagus?
Ya bener … ada … namanya ADSUMO. Ini beneran bagus. Bukan “katanya”. Saat ini ada ribuan advertiser yang telah menggunakan tools ini. Dan para advertiser-advertiser papan atas yang sudah makan asam garam segudang pengalaman dalam beriklan di facebook dan instagram pun sangat merekomendasikan adsumo ini sebagai target audience tools yang ia pakai.

 

Apa Itu Adsumo?
Saya jelasin singkat aja ya. Prinsipnya adsumo extension ini adalah sebuah aplikasi untuk membantu kita mencari dan menemukan siapa saja calon pembeli yang mau kita bidik sebagai target audience iklan kita di facebook ataupun di instagram.
Ketika kita pasang iklan, berarti kan kita mau memperlihatkan postingan produk/jasa/bisnis kita ke orang-orang yang ada di facebook dan instagram ya kan. Nah, jangan sampai kita ngeliatin produk/jasa/bisnis kita itu ke orang yang memang tidak akan tertarik sama sekali.

Apabila kita memperlihatkan postingan iklan kita ke orang yang salah maka pastilah tidak akan ada penjualan. Ilustrasinya gini … coba deh bayangkan betapa mustahilnya menjual makanan kucing ke orang yang tidak punya kucing. Bener ‘kan? Ya kayak gitu contohnya!
Bahkan sekalipun iklan anda di-endorse bahkan oleh Dian Sastro, tetap saja bisa dipastikan iklan anda pasti boncos. Ngga bakal ada yang beli. Betul?
Jadi suksesnya iklan kita itu bergantung pada siapa yang melihat iklan itu. Bahasa kerennya adalah target audience.

Memang sih, salah satu fitur yang sangat hebat dari iklan facebook ialah kita dapat menarget orang-orang yang akan kita bidik berdasarkan pada minatnya, perilakunya, dan atau kategori demografinya melalui kolom detailed targeting di fb ads.
Kelihatannya seperti sudah mencukupi, lalu kita “merasa” itu sudah cukup efektif. Sebetulnya yang menjadi pertanyaan besar dan rahasia misterius adalah: kenapa kok banyak sekali advertiser yang ngerasa gagal dan bilang udah “buang-buang duit” banyak, walaupun sebenarnya ia kan sudah menggunakan detailed targetting yang “cermat” … kok hasil iklannya tidak sesuai harapan.

Kenapa coba?
Masalahnya ternyata adalah, betapa sering kita sebagai pengiklan selalu dibuat bingung tentang apa sih kriteria audience yang cocok untuk produk atau bisnis kita. Ini akan terasa banget, terutama saat mengisi kolom detailed targeting itu … langsung bingung harus di isi apa.
Nah inilah masalah terbesarnya. Karena bingung, lalu asal ngisi, asal ada isian … Ya jadilah salah ngisi, salah bidik, salah target … salah semua deh. Lalu tanpa diketahui atau disadari, orang yang ngeliat iklan kita itu ternyata “bukan prospek yang tepat”. Ya habis duit lagi.

Itulah salah satu kegunaan memakai adsumo. Dengan aplikasi adsumo ini, berbagai isian detailed target audience fb ads yang dibidik jadi benar-benar keluar semua. Nggak usah repot lagi ngarang terlalu jauh (bisa-bisa salah).
Interest-interest yang selama ini tersembunyi dan nggak kepikir … keluar. Jadi kan lebih mudah ngebidik orang yang benarnya. Yaitu “pembeli”nya.
Apalagi sekarang ini setiap pemakai adsumo dibolehkan “nyoba dulu” memakai Adsumo secara gratis selama 30 hari. Maksudnya, jika setelah anda beli adsumo lalu anda praktekkan selama 30 hari, lalu ternyata anda tidak puas, maka uang anda dikembalikan 100% (tanpa pertanyaan). Hebat kan?
Jadi apalagi yang Anda kuatirkan? Kenapa nggak berani mencoba dulu makai adsumo untuk menentukan target audience fb ads anda … ya ‘kan? he he

Kelebihan Memakai Adsumo
Bisa menemukan interest-interest tersembunyi yang selama ini tidak diketahui kompetitor
Jadi mudah menggali ide-ide audience targeting yang nggak terpikirkan sebelumnya
Dapat mengetahui FP-FP atau FansPages khusus dengan audience-audiens fanatik yang tentu saja sangat bagus untuk jadi target audiens
Bisa tahu komposisi dari sub-sub interest yang membentuk sebuah interest
Juga dapat mengetahui broad interest dari sebuah interest (ngerti nggak, he he)
Bisa pula kita lakukan analisa atas audience-audience yang overlap antar interest.
Jadi sangat mudah mendapatkan precise interest
Mampu meramalkan seberapa besar reach atau jangkauan iklan dan budget yang dibutuhkan
Bisa pula untuk mengexclude (mengeluarkan) audience yang bukan target market anda dengan sekali klik (negative audience)

Dari hasil riset, kita bisa menyimpan berbagai interest tsb dalam satu tempat
Lalu juga kita bisa setup multilayer laser targeting dengan sangat mudah
ah … pokoknya masih banyak lagi.
Intinya Banget, Inilah Kegunaan Adsumo
Untuk melakukan riset target audience dengan cepat, praktis, dan efektif
Untuk mendatangkan lebih banyak penjualan dengan biaya iklan yang lebih rendah.

Untuk memberikan ide-ide produk dan niche-niche baru yang tidak pernah terpikirkan.
Untuk bisa menemukan target audience yang memiliki daya beli.
Juga untuk mengeskplor behaviours yang selama ini tersembunyi
dan tentunya kita bisa melakukan “Scale up” dengan memanfaatkan database interest yang lebih banyak itu
dan masih banyaaak lagi manfaat yang bisa anda rasakan.